Analisis 3 Produk UMKM yang ada Di Sekitar Lingkungan

 

Hai perkenalkan nama saya Ahmad Fajri ,saya akan menganalisis tentang 3 UMKM yang ada di sekitar lingkungan ku

 

1.Produk Makanan

Siapa sih yang sekarang tidak tahu dengan makanan ayam geprekAyam geprek mulai viral sejak tahun 2017 karena bahannya yang sederhana, cara mengolah yang cukup mudah, dan memiliki citra rasa yang pedas sehingga makanan ini diminati banyak orang. Namun, untuk mendapatkan ketenaran dan nama yang dikenal oleh masyarakat luas, tentu saja tidak mudah. Banyak proses yang harus dilalui oleh seorang pengusaha sehingga dapat dikenal dan disukai oleh masyarakat. Pada zaman sekarang ini, banyak sekali para wirausahawan muda yang saling berlomba-lomba dan bersaing dengan produk buatannya sendiri. Setiap wirausahawan memiliki strategi manajemen masing-masing untuk bisnisnya, karena hal itu merupakan kunci guna mencapai tujuan wirausahawan tersebut.

 

Usaha ayam geprek ini bernama “AYAM GEPREK E-K”,  berlokasi di jalan Rawajaya II No. 40 dan pemiliknya adalah Eka Febriyanti. Usaha ini menggunakan strategi marketing mix yang dikenal dengan prinsip 7P yaitu,

1. Product

Produk merupakan hal penting saat membuka usaha, dimana bu Eka selaku pemilik menyediakan berbagai macam produk yang sederhana namun dengan tampilan yang menarik.

2. Price

Harga jual yang terjangkau sesuai target marketing dan memperhatikan harga dari pesaing tanpa menurunkan mutu serta kualitas produk yang dijual kan, akan menjadi faktor yang menarik pembeli.

3. Promotion

Dalam marketing, wirausahawan perlu melakukan promosi guna memperkenalkan produk yang kita jualkan. Promosi ini bisa melalui media cetak berupa brosur yang di tempatkan pada lokasi yang strategis seperti dj pinggir jalan besar yang ramai dilalui orang. Promosi bisa juga melalui media elektronik berupa foto produk yang kita tawarkan di media sosial.

4. Place

Pemilihan lokasi yang strategis dan sesuai dengan target marketing akan mempermudah pembeli untuk mengenal produk yang dijual kan.

5. People

Selain konsumen, SDM termasuk pekerja dan pengelola bisnis harus diperhatikandiperhatikan, termasuk yang melayani pembeli karena hal itu akan mempengaruhi persepsi pembeli tersebut.

6. Physical Evidence

Selanjutnya yaitu bukti fisik atau semua hal yang digunakan untuk mendukung berjalannya bisnis tersebut dan menjadi nilai plus dari konsumen, seperti logo, media promosi dan tempat usaha.

7. Process

Selanjutnya yaitu seluruh gabungan aktivitas bisnis. Mulai dari prosedur, jadwal pekerjaan, aktivitas, mekanisme, transaksi dan pelayanan yang baik demi memuaskan konsumen dengan barang yang dijual kan.

Salah satu UMKM ayam geprek dapat juga melaksanakan corporate strategies yaitu dengan model growth strategies, dimana bisnis ini mengekspansi jumlah usahanya sehingga sekarang sudah memiliki cabang di berbagai tempat. Owner pebisnis ayam geprek ini juga mengatakan, bahwa mental tetaplah menjadi modal utama karena setiap menjalankan suatu bisnis, kita harus mempersiapkan mental untuk menanggung dan mengantisipasi risiko kedepannya apapun risiko tersebut. Pada masa pandemic ini, mereka telah mempersiapkan strategi yaitu melalui kerjasama dengan aplikasi ojek online untuk delivery dan memesan menu mereka sehingga bisnisnya tetap bisa berjalan dengan lancar, bahkan memungkinkan untuk meningkatkan penjualan  hingga 2x lipat sejak pandemic berlangsung.

Media sosial dari UMKM “AYAM GEPREK E-K” yakni @ayamgepreke-kpalembang, tersedia juga di GO-FOOD, GRAB-FOOD serta SHOPEE-FOOD. 


LOGO AYAM GEPREK E-K


CONTOH PRODUK AYAM GEPREK E-K

2. Produk Minuman

Thai Tea merupakan salah satu minuman yang berasal dari negeri gajah putih Thailand yang telah dikenal di masyarakatnya sejak tahun 80-an. Meski secara historikal, di Thailand thai tea tidak pernah menjadi minuman umum dan banyak digemari warganya. Thai tea merupakan salah satu teh dari Thailand yang saat ini sedang tren di kalangan masyarakat. Dengan rasanya yang khas dan nikmat, sangat cocok di tenggorokan apabila cuaca sedang terik maupun sebagai pelengkap saat santai bercengkrama dengan orang terdekat. Maka dari itu bisnis ini dinilai cukup menarik untuk dipilih karena masyarakat sudah tak asing dengan cita rasanya.

Peluang bisnis minuman manis dan dingin di Indonesia masih terbuka lebar, salah satunya adalah Family Thai Tea . Sebagai salah satu negara iklim tropis, minuman dingin dan menyegarkan banyak menjadi pilihan masyarakat Tanah Air untuk melepas dahaga, Family Thai Tea salah satunya. Minuman yang terinspirasi dari teh berasal dari negeri gajah putih ini sangat pas dinikmati saat cuaca panas atau sedang terik.

Usaha ini dipilih karena untuk memulai bisnis sebagai pemula dinilai tidak terlalu sulit dan modal yang disiapkan pun tidak terlalu besar. Dengan begitu pendiri bisa menyajikan thai tea dengan kualitas terbaik dengan harga terjangkau dan bersaing.

Thai Tea terbuat dari teh hitam, pewarna makanan, kadang dicampur dengan rempah-rempah dan susu kental manis. Dan bisa dinikmati secara panas atau dingin.

Ada banyak varian Thai Tea yang ada di Indonesia, salah satunya adalah Family Thai Tea. UMKM Family Thai Tea berdiri sejak 2 April 2020 berlokasi di Jalan Rawasari tepatnya di deretan ruko sebelah lapangan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Palembang yang dirintis oleh Ahmad Fajri yang berasal dari Muara Dua.

Ahmad Fajri selalu pemilik usaha ini pun menggunakan strategi marketing mix yang dikenal dengan prinsip 7P yaitu,

1. Product

Produk merupakan hal penting saat membuka usaha, dimana pemilik menyediakan berbagai macam jenis produk yang sederhana namun dengan tampilan yang menarik.

2. Price

Harga jual yang terjangkau sesuai target marketing dan memperhatikan harga dari pesaing tanpa menurunkan mutu serta kualitas produk yang dijual kan, akan menjadi faktor yang menarik pembeli.

3. Promotion

Dalam marketing, wirausahawan perlu melakukan promosi guna memperkenalkan produk yang kita jualkan. Promosi ini bisa melalui media cetak berupa brosur yang di tempatkan pada lokasi yang strategis seperti dj pinggir jalan besar yang ramai dilalui orang. Promosi bisa juga melalui media elektronik berupa foto produk yang kita tawarkan di media sosial.

4. Place

Pemilihan lokasi yang strategis dan sesuai dengan target marketing akan mempermudah pembeli untuk mengenal produk yang dijual kan.

5. People

Selain konsumen, SDM termasuk pekerja dan pengelola bisnis harus diperhatikandiperhatikan, termasuk yang melayani pembeli karena hal itu akan mempengaruhi persepsi pembeli tersebut.

6. Physical Evidence

Selanjutnya yaitu bukti fisik atau semua hal yang digunakan untuk mendukung berjalannya bisnis tersebut dan menjadi nilai plus dari konsumen, seperti logo, media promosi dan tempat usaha.

7. Process

Selanjutnya yaitu seluruh gabungan aktivitas bisnis. Mulai dari prosedur, jadwal pekerjaan, aktivitas, mekanisme, transaksi dan pelayanan yang baik demi memuaskan konsumen dengan barang yang dijual kan.

Media sosial dari UMKM “Family Thai Tea” yakni @familythaiteaplg, tersedia di GO-FOOD, GRAB-FOOD serta SHOPEE-FOOD. 


CONTOH PRODUK FAMILY THAI TEA
LOGO FAMILY THAI TEA

3.  Produk Kriya

Pada era Globalisasi saat ini membuat masyarakat dengan cepat mengikuti perkembangan zaman. Hal ini mengakibatkan manusia untuk semakin berinovasi dan mengeluarkan ide baru agar memberi kemudahan serta memecahkan masalah dikehidupannya sehari-hari. Kreatifitas manusia mulai diuji seiring dengan persaingan diantara mereka. Saat ini banyak bermunculan produk barang dan jasa yang menawarkan berbagai ke unikan dan kelebihan masing-masing.

Bisnis diartikan sebagai usaha yang memperoleh keuntungan sesuai tujuan dan target dalam berbagai bidang, baik dilihat dari segi kuantitas, kualitas maupun waktunya. Keuntungan merupakan tujuan utama dalam dunia bisnis baik jangka pendek maupun jangka panjang. Keuntungan yang dimaksud adalah keuntungan finansial. Besarnya keuntungan ditetapkan sesuai target dan batas waktunya. Konsumen mempunyai banyak alternatif pilihan dalam menggunakan produk barang dan jasa tersebut. Tidak terkecuali terhadap gaya hidup masyarakat yang membutuhkan jasa pembuatan aksesoris salah satunya yaitu jasa dalam pembuatan buket bunga sebagai inovasi baru bagi pengrajin saat ini.

 

Buket bunga atau yang dikenal dengan sebutan bunga tangan adalah sekumpulan bunga yang disusun menjadi sebuah rangkaian bunga. Biasanya karangan bunga ini digunakan diacara pernikahan dimana pengantin wanita membawa sebuah buket sebagai aksesoris. Pada saat ini rangkaian bunga tidak hanya digunakan untuk acara pernikahan saja, tetapi kini juga digunaka dalam acara spesial lainnya seperti acara ulang tahun, hari kasih sayang, acara wisuda untuk pelajar atau mahasiswa serta acara lainnya yang diberikan sebagai buah tangan ucapan selamat pada hari spesial seseorang.

Buket bunga untuk acara tersebut awalnya hanya menggunakan bunga asli, namun seiring perkembangan zaman kekreatifan pun ikut berkembang bagi para pengrajin dengan menciptakan inovasi baru dalam sebuah rangkaian bunga yang tidak hanya pada bahan bunga asli saja akan tetapi kini juga menyediakan rangkaian dengan menggunakan bunga artificial atau bunga tiruan. Dengan adanya pengganti bunga tiruan tersebut selain awet harganya juga tergolong relatif lebih murah dari pada bunga segar.

Di Kota Palembang sendiri saat ini inovasi pengrajin juga ikut berkembang dan salah satunya adalah Della Saputri yang merupakan owner dari UMKM Kriya Bunga Sejahtera, lokasinya di Jalan Tombak no 567 Ia berinovasi dalam bidang kerajinan tangan aksesoris buket bunga yang biasa digunakan dalam acara- acara formal ataupun semiformal sebagai tanda buah tangan ucapan selamat ataupun terimakasih yang biasanya diberikan pada hari bahagia seseorang dan juga rasa syukur seseorang.

Media sosial dari UMKM “Family Thai Tea” yakni @kriyabungaplg_12  dan tersedia di Shopee serta Market Place Facebook




CONTOH PRODUK KRIYA BUNGA SEJAHTERA



LOGO KRIYA BUNGA SEJAHTERA

Itu saja 3 Produk UMKM yang ada di sekitar lingkungan saya. Terima kasih. 


 




Komentar

Postingan Populer