Analisis 3 Produk UMKM yang ada Di Sekitar Lingkungan
Hai perkenalkan nama saya Ahmad Fajri ,saya akan menganalisis tentang 3
UMKM yang ada di sekitar lingkungan ku
1.Produk Makanan
Siapa sih yang sekarang tidak tahu dengan makanan ayam geprek? Ayam geprek mulai viral sejak tahun 2017 karena bahannya yang sederhana, cara mengolah yang cukup mudah, dan memiliki citra rasa yang pedas sehingga makanan ini diminati banyak orang. Namun, untuk mendapatkan ketenaran dan nama yang dikenal oleh masyarakat luas, tentu saja tidak mudah. Banyak proses yang harus dilalui oleh seorang pengusaha sehingga dapat dikenal dan disukai oleh masyarakat. Pada zaman sekarang ini, banyak sekali para wirausahawan muda yang saling berlomba-lomba dan bersaing dengan produk buatannya sendiri. Setiap wirausahawan memiliki strategi manajemen masing-masing untuk bisnisnya, karena hal itu merupakan kunci guna mencapai tujuan wirausahawan tersebut.
Usaha ayam geprek ini bernama “AYAM GEPREK
E-K”, berlokasi di jalan Rawajaya II No.
40 dan pemiliknya adalah Eka Febriyanti. Usaha ini menggunakan strategi
marketing mix yang dikenal dengan prinsip 7P yaitu,
1. Product
Produk merupakan hal penting saat membuka
usaha, dimana bu Eka selaku pemilik menyediakan berbagai macam produk yang
sederhana namun dengan tampilan yang menarik.
2. Price
Harga jual yang terjangkau sesuai target
marketing dan memperhatikan harga dari pesaing tanpa menurunkan mutu serta
kualitas produk yang dijual kan, akan menjadi faktor yang menarik pembeli.
3. Promotion
Dalam marketing, wirausahawan perlu
melakukan promosi guna memperkenalkan produk yang kita jualkan. Promosi ini
bisa melalui media cetak berupa brosur yang di tempatkan pada lokasi yang
strategis seperti dj pinggir jalan besar yang ramai dilalui orang. Promosi bisa
juga melalui media elektronik berupa foto produk yang kita tawarkan di media
sosial.
4. Place
Pemilihan lokasi yang strategis dan sesuai
dengan target marketing akan mempermudah pembeli untuk mengenal produk yang
dijual kan.
5. People
Selain konsumen, SDM termasuk pekerja dan
pengelola bisnis harus diperhatikandiperhatikan, termasuk yang melayani pembeli
karena hal itu akan mempengaruhi persepsi pembeli tersebut.
6. Physical Evidence
Selanjutnya yaitu bukti fisik atau semua
hal yang digunakan untuk mendukung berjalannya bisnis tersebut dan menjadi
nilai plus dari konsumen, seperti logo, media promosi dan tempat usaha.
7. Process
Selanjutnya yaitu seluruh gabungan
aktivitas bisnis. Mulai dari prosedur, jadwal pekerjaan, aktivitas, mekanisme,
transaksi dan pelayanan yang baik demi memuaskan konsumen dengan barang yang
dijual kan.
Salah satu UMKM ayam geprek dapat juga
melaksanakan corporate strategies yaitu dengan model growth strategies, dimana
bisnis ini mengekspansi jumlah usahanya sehingga sekarang sudah memiliki cabang
di berbagai tempat. Owner pebisnis ayam geprek ini juga mengatakan, bahwa
mental tetaplah menjadi modal utama karena setiap menjalankan suatu bisnis,
kita harus mempersiapkan mental untuk menanggung dan mengantisipasi risiko
kedepannya apapun risiko tersebut. Pada masa pandemic ini, mereka telah
mempersiapkan strategi yaitu melalui kerjasama dengan aplikasi ojek online
untuk delivery dan memesan menu mereka sehingga bisnisnya tetap bisa berjalan
dengan lancar, bahkan memungkinkan untuk meningkatkan penjualan hingga 2x lipat sejak pandemic berlangsung.
Media sosial dari UMKM “AYAM GEPREK E-K”
yakni @ayamgepreke-kpalembang, tersedia juga di GO-FOOD, GRAB-FOOD serta
SHOPEE-FOOD.
2. Produk Minuman
Thai Tea merupakan salah satu minuman yang
berasal dari negeri gajah putih Thailand yang telah dikenal di masyarakatnya
sejak tahun 80-an. Meski secara historikal, di Thailand thai tea tidak pernah
menjadi minuman umum dan banyak digemari warganya. Thai tea merupakan salah
satu teh dari Thailand yang saat ini sedang tren di kalangan masyarakat. Dengan
rasanya yang khas dan nikmat, sangat cocok di tenggorokan apabila cuaca sedang
terik maupun sebagai pelengkap saat santai bercengkrama dengan orang terdekat.
Maka dari itu bisnis ini dinilai cukup menarik untuk dipilih karena masyarakat
sudah tak asing dengan cita rasanya.
Peluang bisnis minuman manis dan dingin di
Indonesia masih terbuka lebar, salah satunya adalah Family Thai Tea . Sebagai
salah satu negara iklim tropis, minuman dingin dan menyegarkan banyak menjadi
pilihan masyarakat Tanah Air untuk melepas dahaga, Family Thai Tea salah
satunya. Minuman yang terinspirasi dari teh berasal dari negeri gajah putih ini
sangat pas dinikmati saat cuaca panas atau sedang terik.
Usaha ini dipilih karena untuk memulai
bisnis sebagai pemula dinilai tidak terlalu sulit dan modal yang disiapkan pun
tidak terlalu besar. Dengan begitu pendiri bisa menyajikan thai tea dengan
kualitas terbaik dengan harga terjangkau dan bersaing.
Thai Tea terbuat dari teh hitam, pewarna
makanan, kadang dicampur dengan rempah-rempah dan susu kental manis. Dan bisa
dinikmati secara panas atau dingin.
Ada banyak varian Thai Tea yang ada di
Indonesia, salah satunya adalah Family Thai Tea. UMKM Family Thai Tea berdiri
sejak 2 April 2020 berlokasi di Jalan Rawasari tepatnya di deretan ruko sebelah
lapangan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Palembang yang dirintis oleh Ahmad Fajri
yang berasal dari Muara Dua.
Ahmad Fajri selalu pemilik usaha ini pun
menggunakan strategi marketing mix yang dikenal dengan prinsip 7P yaitu,
1. Product
Produk merupakan hal penting saat membuka
usaha, dimana pemilik menyediakan berbagai macam jenis produk yang sederhana
namun dengan tampilan yang menarik.
2. Price
Harga jual yang terjangkau sesuai target
marketing dan memperhatikan harga dari pesaing tanpa menurunkan mutu serta
kualitas produk yang dijual kan, akan menjadi faktor yang menarik pembeli.
3. Promotion
Dalam marketing, wirausahawan perlu
melakukan promosi guna memperkenalkan produk yang kita jualkan. Promosi ini
bisa melalui media cetak berupa brosur yang di tempatkan pada lokasi yang
strategis seperti dj pinggir jalan besar yang ramai dilalui orang. Promosi bisa
juga melalui media elektronik berupa foto produk yang kita tawarkan di media
sosial.
4. Place
Pemilihan lokasi yang strategis dan sesuai
dengan target marketing akan mempermudah pembeli untuk mengenal produk yang
dijual kan.
5. People
Selain konsumen, SDM termasuk pekerja dan
pengelola bisnis harus diperhatikandiperhatikan, termasuk yang melayani pembeli
karena hal itu akan mempengaruhi persepsi pembeli tersebut.
6. Physical Evidence
Selanjutnya yaitu bukti fisik atau semua
hal yang digunakan untuk mendukung berjalannya bisnis tersebut dan menjadi
nilai plus dari konsumen, seperti logo, media promosi dan tempat usaha.
7. Process
Selanjutnya yaitu seluruh gabungan
aktivitas bisnis. Mulai dari prosedur, jadwal pekerjaan, aktivitas, mekanisme,
transaksi dan pelayanan yang baik demi memuaskan konsumen dengan barang yang
dijual kan.
Media sosial dari UMKM “Family Thai Tea”
yakni @familythaiteaplg, tersedia di GO-FOOD, GRAB-FOOD serta SHOPEE-FOOD.
3.
Produk Kriya
Pada era Globalisasi saat ini membuat
masyarakat dengan cepat mengikuti perkembangan zaman. Hal ini mengakibatkan
manusia untuk semakin berinovasi dan mengeluarkan ide baru agar memberi
kemudahan serta memecahkan masalah dikehidupannya sehari-hari. Kreatifitas
manusia mulai diuji seiring dengan persaingan diantara mereka. Saat ini banyak
bermunculan produk barang dan jasa yang menawarkan berbagai ke unikan dan
kelebihan masing-masing.
Bisnis diartikan sebagai usaha yang
memperoleh keuntungan sesuai tujuan dan target dalam berbagai bidang, baik
dilihat dari segi kuantitas, kualitas maupun waktunya. Keuntungan merupakan
tujuan utama dalam dunia bisnis baik jangka pendek maupun jangka panjang.
Keuntungan yang dimaksud adalah keuntungan finansial. Besarnya keuntungan
ditetapkan sesuai target dan batas waktunya. Konsumen mempunyai banyak
alternatif pilihan dalam menggunakan produk barang dan jasa tersebut. Tidak
terkecuali terhadap gaya hidup masyarakat yang membutuhkan jasa pembuatan
aksesoris salah satunya yaitu jasa dalam pembuatan buket bunga sebagai inovasi
baru bagi pengrajin saat ini.
Buket bunga atau yang dikenal dengan
sebutan bunga tangan adalah sekumpulan bunga yang disusun menjadi sebuah
rangkaian bunga. Biasanya karangan bunga ini digunakan diacara pernikahan
dimana pengantin wanita membawa sebuah buket sebagai aksesoris. Pada saat ini
rangkaian bunga tidak hanya digunakan untuk acara pernikahan saja, tetapi kini
juga digunaka dalam acara spesial lainnya seperti acara ulang tahun, hari kasih
sayang, acara wisuda untuk pelajar atau mahasiswa serta acara lainnya yang
diberikan sebagai buah tangan ucapan selamat pada hari spesial seseorang.
Buket bunga untuk acara tersebut awalnya
hanya menggunakan bunga asli, namun seiring perkembangan zaman kekreatifan pun
ikut berkembang bagi para pengrajin dengan menciptakan inovasi baru dalam
sebuah rangkaian bunga yang tidak hanya pada bahan bunga asli saja akan tetapi
kini juga menyediakan rangkaian dengan menggunakan bunga artificial atau bunga
tiruan. Dengan adanya pengganti bunga tiruan tersebut selain awet harganya juga
tergolong relatif lebih murah dari pada bunga segar.
Di Kota Palembang sendiri saat ini inovasi
pengrajin juga ikut berkembang dan salah satunya adalah Della Saputri yang
merupakan owner dari UMKM Kriya Bunga Sejahtera, lokasinya di Jalan Tombak no
567 Ia berinovasi dalam bidang kerajinan tangan aksesoris buket bunga yang
biasa digunakan dalam acara- acara formal ataupun semiformal sebagai tanda buah
tangan ucapan selamat ataupun terimakasih yang biasanya diberikan pada hari
bahagia seseorang dan juga rasa syukur seseorang.
Media sosial dari UMKM “Family Thai Tea”
yakni @kriyabungaplg_12 dan tersedia di
Shopee serta Market Place Facebook
Itu saja 3 Produk UMKM yang ada di sekitar lingkungan saya. Terima kasih.








Komentar
Posting Komentar