Sosial Media Menjadikan Sarana untuk Ajang Promosi

"Kuliah Umum dan Launching Buku Entrepreneurship Communication"

Assalamualaikum waramatullahi wabarakatuh

Saya Ahmad Fajri mahasiswa semester 5 ilmu komunikasi Stisipol Candradimuka ikut turut menghadiri acara kuliah umum ilmu komunikasi serta launching buku salah satu dosen stisipol candradimuka yaitu ibu Sumarni Bayu Anita,S.Sos, M.A, CPR.

Acara ini berlangsung pada hari kamis 12 oktober 2023 di Aula Ismail Djalili Stisipol Candradimuka Palembang jam 08.30 WIB-Selesai. Di acara ini juga turut dihadir narasumber yaitu Ibu Dr. Rahma Santhi Z, M.I.Ikom Selaku IMA Chapter Palembang, Akademisi Komunikasi Universitas Bina Darma, Bapak Adli, S.So.I, M,Sc Selaku ketua ASPIKOM Korwil Sumatra Selatan, Akademisi komunikasi Universitas Sumatra Selatan, dan tentunya ibu Sumarni Bayu Anita, S.Sos, M.A, CPR selaku penulis buku Entrepreneurship Communication.

Dalam kegiatan ini kita sebagai generasi z ini tentunya sudah tidak asing dengan yang namanya bisnis, baik dari kalangan anak muda sampe tua. Dan di generasi sekarang dengan teknologi yang semakin canggih ini tentunya hampir semua kalangan menggunakannya. Seperti media social sekarang ini yang  sangat mudah sekali untuk mempengaruhi penggunanya terlebih dulu anak kecil dan orang tua yang rentan sekali termakan berita yang belum tentu kejelasannya. Di era globalisasi sekarang tentunya ketika kita berniat untuk membuka bisnis atau sudah ada bisnis tapi kurang berkembang, kita tidak perlu lagi untuk ke toko-toko, kerumah-rumah untuk menawarkan apa yang kita jual karna cukup dengan menyebar luaskan jualanan atau bisnis yang sedang kita rintis ini cukup di sosial media dan sudah diketahui banyak orang tergantung dari kita nya sendiri bagaimana cara agar orang lain ketika melihat apa yang kita bagikan itu menarik perhatiannya untuk mereka beli.

Sosial media sekarang tentunya sangat bermanfaat bagi masa sekarang serta masa yang akan datang, karna sekarang yang apa-apa pastinya lari ke sosial media dan sangat cepat sekali viral. Apalagi jika kita yang mempunyai usaha ini memiliki ide-ide yang menarik perhatian masyarakat tersebut. Kuncinya adalah niat dan mau usaha itu sudah pasti, salah satu cara agar menarik perhatian masyarakaat sekarang ialah hamper semua orang melakulan siaran langsung pada platform sosial media baik itu Instagram, tiktok ataupun shopee. Dan cara lainnya biasanya pengusaha meng endorse para influencer yang terkenal atau sedang naik namanya (viral) agar semua orang bisa melihat dan tertarik untuk membelinya.

Di era keterbukaan informasi dan perkembangan teknologi saat ini, informasi semakin tidak memiliki jarak dan memberikan pelajaran kepada kita agar mampu menguasai komunikasi global. Pesatnya perkembangan media, khususnya media sosial saat ini dikarenakan semua orang seperti bisa memiliki media sendiri. Selain fungsi komunikasi yang jauh lebih memudahkan, peran media sosial semakin diakui dalam mendongkrak kinerja bisnis. Media sosial merupakan salah satu media internet terbesar yang digunakan saat ini. Komunikasi massa yang mengalami perkembangan memungkinkan perusahaan lebih mudah berkomunikasi dengan khalayak sasarannya.

Perkembangan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi menjadikan masyarakat memperoleh pengetahuan dan wawasan baru mengenai media sosial. Dalam penggunaannnya masyarakat juga dinilai telah mampu beradaptasi dan memanfaatkan penggunaannya dengan berbagai tujuan. Antara lain sekedar mengikuti perkembangan jaman, pergaulan atau lingkungan, juga untuk menjalankan bisnis. Penggunaan media sosial dalam bisnis, menjadikan masyarakat memperoleh kemudahan untuk berbelanja. Hal ini juga menjadikan masyarakat lebih cerdas dalam memilih produk atau merk mana yang dapat mengesankan hati, sehingga dapat dipilih. 

Banyak sekali pengalaman dan cerita ketika saya datang ke acara ini, ilmu-ilmu yang awalnya belum saya ketahui menjadi saya tau. Semoga dengan diadakannya acara ini para tamu dan mahasiswa/i mempunyai motivasi untuk membuka usaha.

Sekali lagi selamat kepada ibu ibu Sumarni Bayu Anita, S.Sos, M.A, CPR yang telah menerbitkan buku Entrepreneurship Communication. Semoga buku ini bermanfaat bagi para wirausahawan pemula atau sudah berkembang agar lebih maju lagi.


Komentar

Postingan Populer