Sosial Media Menjadikan Sarana untuk Ajang Promosi
"Kuliah Umum dan Launching Buku Entrepreneurship Communication"
Assalamualaikum waramatullahi wabarakatuh
Saya Ahmad Fajri mahasiswa semester 5 ilmu komunikasi
Stisipol Candradimuka ikut turut menghadiri acara kuliah umum ilmu komunikasi
serta launching buku salah satu dosen stisipol candradimuka yaitu ibu Sumarni
Bayu Anita,S.Sos, M.A, CPR.
Acara ini berlangsung pada hari kamis 12 oktober 2023 di
Aula Ismail Djalili Stisipol Candradimuka Palembang jam 08.30 WIB-Selesai. Di
acara ini juga turut dihadir narasumber yaitu Ibu Dr. Rahma Santhi Z,
M.I.Ikom Selaku IMA Chapter Palembang, Akademisi Komunikasi Universitas Bina
Darma, Bapak Adli, S.So.I, M,Sc Selaku ketua ASPIKOM Korwil Sumatra Selatan,
Akademisi komunikasi Universitas Sumatra Selatan, dan tentunya ibu Sumarni Bayu
Anita, S.Sos, M.A, CPR selaku penulis buku Entrepreneurship Communication.
Dalam kegiatan ini kita sebagai generasi z ini tentunya
sudah tidak asing dengan yang namanya bisnis, baik dari kalangan anak muda
sampe tua. Dan di generasi sekarang dengan teknologi yang semakin canggih ini
tentunya hampir semua kalangan menggunakannya. Seperti media social sekarang
ini yang sangat mudah sekali untuk mempengaruhi penggunanya terlebih
dulu anak kecil dan orang tua yang rentan sekali termakan berita yang belum
tentu kejelasannya. Di era globalisasi sekarang tentunya ketika kita berniat
untuk membuka bisnis atau sudah ada bisnis tapi kurang berkembang, kita tidak
perlu lagi untuk ke toko-toko, kerumah-rumah untuk menawarkan apa yang kita
jual karna cukup dengan menyebar luaskan jualanan atau bisnis yang sedang kita
rintis ini cukup di sosial media dan sudah diketahui banyak orang tergantung
dari kita nya sendiri bagaimana cara agar orang lain ketika melihat apa yang
kita bagikan itu menarik perhatiannya untuk mereka beli.
Sosial media sekarang tentunya sangat bermanfaat bagi masa
sekarang serta masa yang akan datang, karna sekarang yang apa-apa pastinya lari
ke sosial media dan sangat cepat sekali viral. Apalagi jika kita yang mempunyai
usaha ini memiliki ide-ide yang menarik perhatian masyarakat tersebut. Kuncinya
adalah niat dan mau usaha itu sudah pasti, salah satu cara agar menarik
perhatian masyarakaat sekarang ialah hamper semua orang melakulan siaran
langsung pada platform sosial media baik itu Instagram, tiktok ataupun shopee.
Dan cara lainnya biasanya pengusaha meng endorse para influencer yang terkenal
atau sedang naik namanya (viral) agar semua orang bisa melihat dan tertarik
untuk membelinya.
Di era keterbukaan informasi dan perkembangan teknologi saat
ini, informasi semakin tidak memiliki jarak dan memberikan pelajaran kepada
kita agar mampu menguasai komunikasi global. Pesatnya perkembangan media,
khususnya media sosial saat ini dikarenakan semua orang seperti bisa memiliki
media sendiri. Selain fungsi komunikasi yang jauh lebih memudahkan, peran media
sosial semakin diakui dalam mendongkrak kinerja bisnis. Media sosial merupakan
salah satu media internet terbesar yang digunakan saat ini. Komunikasi massa
yang mengalami perkembangan memungkinkan perusahaan lebih mudah berkomunikasi
dengan khalayak sasarannya.
Perkembangan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi
menjadikan masyarakat memperoleh pengetahuan dan wawasan baru mengenai media
sosial. Dalam penggunaannnya masyarakat juga dinilai telah mampu beradaptasi
dan memanfaatkan penggunaannya dengan berbagai tujuan. Antara lain sekedar
mengikuti perkembangan jaman, pergaulan atau lingkungan, juga untuk menjalankan
bisnis. Penggunaan media sosial dalam bisnis, menjadikan masyarakat memperoleh
kemudahan untuk berbelanja. Hal ini juga menjadikan masyarakat lebih cerdas
dalam memilih produk atau merk mana yang dapat mengesankan hati, sehingga dapat
dipilih.
Banyak sekali pengalaman dan cerita ketika saya datang ke
acara ini, ilmu-ilmu yang awalnya belum saya ketahui menjadi saya tau. Semoga
dengan diadakannya acara ini para tamu dan mahasiswa/i mempunyai motivasi untuk
membuka usaha.
Sekali lagi selamat kepada ibu ibu Sumarni Bayu
Anita, S.Sos, M.A, CPR yang telah menerbitkan buku Entrepreneurship
Communication. Semoga buku ini bermanfaat bagi para wirausahawan pemula atau
sudah berkembang agar lebih maju lagi.



Komentar
Posting Komentar