10 Skripsi Ilmu Komunikasi Terbaik Yang Ada Di Stisipol Candradimuka
Analisis
10 Judul Skripsi Ilmu Komunikasi
Stisipol
Candradimuka
Hai semuanya balik lagi bersama aku Ahmad
Fajri mahasiswa ilmu komunikasi STISIPOL Candradimuka palembang. Di blog kali
ini aku akan memperkenalkan ke teman-teman semua mengenai metode penelitian.
Disaat kita ingin lulus maka kita ditugaskan untuk membuat penelitian yang
bernama skripsi.
Skripsi (serapan dari bahasa Belanda: scriptie) adalah istilah yang digunakan
di Indonesia untuk mengilustrasikan suatu karya tulis ilmiah berupa paparan tulisan hasil
penelitian sarjana S1 yang membahas suatu permasalahan/fenomena dalam bidang
ilmu tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidah yang berlaku.
Skripsi bertujuan agar mahasiswa mampu
menyusun dan menulis suatu karya ilmiah, sesuai dengan bidang ilmunya.
Mahasiswa yang mampu menulis skripsi dianggap mampu memadukan pengetahuan dan
keterampilannya dalam memahami, menganalisis, menggambarkan, dan menjelaskan
masalah yang berhubungan dengan bidang keilmuan yang diambilnya. Skripsi
merupakan persyaratan untuk mendapatkan status sarjana (S1) di setiap Perguruan
Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Indonesia.
Istilah skripsi sebagai tugas akhir sarjana hanya digunakan di Indonesia. Negara lain,
seperti Australia menggunakan istilah thesis untuk
penyebutan tugas akhir dengan riset untuk
jenjang undergraduate (S1), postgraduate (S2), Ph.D.
dengan riset (S3) dan disertation untuk tugas riset dengan
ukuran yang kecil baik undergraduate (S1)
ataupun postgraduate (pascasarjana). Sedangkan di Indonesia skripsi
untuk jenjang S1, tesis untuk jenjang S2, dan disertasi untuk jenjang S3.
10 Sripsi Mahasiswa Ilmu Komunikasi
dengan beragam macam metode :
1.
Pengaruh
Komunikasi Antarpribadi atasan terhadap kinerja pegawai pada kantor search and
rescue (SAR)
Nama
peneliti : Revita Liandini
Tahun
Skripsi : 2015
Metode
Penelitian : Kuantitatif dengan riset Analisis Isi Kuantitatif
Hasil
penelitian Skripsi : Komunikasi Antar Pribadi Atasan yang meliputi Keterbukaan
(openness), Perilaku positif (positiviness). Empati (empathy), Perilaku
suportif (supportiveness) dan Kesamaan (equality) memiliki hubungan yang erat
dan berpengaruh secara bermakna terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Search And
Rescue (SAR) Palembang sebesar 0.732. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi
Komunikasi Antar Pribadi Atasan, maka Kinerja Pegawai Pada Kantor Search And
Rescue (SAR) Palembang akan semakin meningkat.
Analisis:
peneliti menganalisis bagaimana pengaruh komunikasi antar pribadi atasan pada
kantor SAR. kemudian dari hasil penelitian tersebut disebutkan bahwa terdapat
pengaruh yang sangat besar.
2.
Strategi
Komunikasi Radio play FM dalam mengedukasi pendengar music elektro (Studi kasus
Program Spesial Spin N Play)
Nama
Peneliti : Oka Hardika Lompatan
Tahun
Terbit : 2018
Metode
Penelitian : Kualitatif Metode Studi Kasus
Hasil
Penelitian : Strategi komunikasi yang dilakukan oleh radio play FM dalam
mengedukasi pendengar adalah dengan membuat program special spin n play
berdasarkan teori AIDDA. fase pertama pada Teori AIDDA adalah membangkitkan
perhatian (Attention) pendengar sebagai awal dari suksesnya sebuah komunikasi.
Apabila perhatian telah timbul maka dilanjutkan dengan upaya menumbuhkan minat
(interest) pendengar. Minat adalah kelanjutan dari perhatian yang merupakan
awal dari tumbuhnya hasrat (desire). Hasrat harus dilanjutkan ke tahap
keputusan (decision) untuk mengetahui keputusan pendengar apakah akan menyukai
musik EDM atau tidak. Fase selanjutnya yaitu kegiatan (Action) yang merupakan
tingkatan akhir dalam rangkaian teori AIDDA.
Analisa
Pribadi : Peneliti membawa teori AIDDA dalam penelitiannya sehingga memberikan
informasi baru terhadap pembaca skripsi tanpa terfokus pada metode studi kasus
3. Digitalisasi dakwah di era New
media analisis Deskriptif channel youtube Basalamah
Nama
peneliti : Sandy Kurniawan
Tahun
Skripsi : 2018
Metode
Penelitian : Kualitatif dengan metode Etnografi
Hasil
penelitian Skripsi : Peneliti menggunakan 5 unsur dakwah menurut Bambang S
Maarif yaitu unsur dai, pesan, metode, media dan mad’u. peneliti melakukan
pengamatan baik secara visual maupun lisan terhadar objek yang diteliti dan
menemukan bahwa dari semua objek yang Ustadz Khalid Basalamah Zeed Basalamah
menyampaikan semua dakwahnya dengan penuh semangat dilihat dari gaya bicara
serta intonasinya dalam berbicara serta gerak tubuh yang mendukung
perkataannya. Ustadz Khalid Basalamah menyampaikan ceramah dalam posisi duduk
di semua objek yang diteliti sehingga penilaian bisa disampaikan dengan hanya
melihat ucapan dan gerak tubuh bagian atasnya saja. Ini menandakan beliau
memberi ilmu dengan penuh kasih serta dengan tegas menjawab pertanyaan dengan
ilmu yang dia miliki.
Analisis:
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana digitalisasi dakwah di era
new media dengan objek penelitian yaitu channel YouTube Basalamah. Ustadz
Khalid Basalamah adalah salah satu Ustaz yang sering kita lihat dakwahnya di
YouTube. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ustadz Khalid Basalamah
menyampaikan semua dakwahnya dengan penuh semangat dan gaya bicara yang
mendukung.
4. Strategi Komunikasi Dinas
Komunikasi dan Informatika dalam Meningkatkan Citra Pemerintah Kabupaten Ogan
Komering Ilir
Nama
peneliti : Rihayu Ningsih
Tahun
Skripsi : 2022
Metode
Penelitian : Kualitatif dengan teori Fenomenologi
Hasil
penelitian Skripsi : Peneliti Mengharuskan menjalin hubungan yang baik dengan
para media dapat memberikan manfaat bagi pihak dinas komunikasi dan informatika
media massa menjadi salah satu saluran komunikasi publik luas dan meluruskan jika
ada informasi yang kurang baik beredar di masyarakat
Analisis:
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan citra dinas
komunikasi dan informasi kepada masyarakat.
5. Sikap Mahasiswa Jurusan Ilmu
Komunikasi STISIPOL Candradimuka Palembang Dalam Penggunaan Media Sosial
Facebook
Nama
Peneliti: Muhammad Oktarizah
Tahun
Skripsi: 2015
Jenis
Metode Penelitian: Kuantitatif
Hasil
Penelitian: Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan teknik analisa
product moment diketahui bahwa korelasi yang terjadi antara sikap dan dampak
positif mahasiswa jurusan ilmu komunikasi STISIPOL Candradimuka Palembang dalam
penggunaan media social facebook, maka semakin tinggi pemahaman Undang-Undang
Informasi dan transaksi elektronik pengaturan penggunaan facebook berada pada
hubungan yang cukup berarti. Ini mengartikan baha tingkat korelasi yang terjadi
antara variable terikat terdapat hubungan yang cukup berarti.
6. Analisis Semiotika Telok Abang
Dalam Tradisi HUT RI Untuk Melestarikan Budaya Lokal Di Kota Palembang
Nama
Peneliti: Bimbo
Tahun
Skripsi: 2020
Jenis
Metode Penelitian: Deskriptif Kualitatif Semiotika
Hasil
Penlitian: Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan dengan bahwa
Telok Abang merupakan salsah satu tradisi kemeriahan HUT RI yang ada di
Indonesia, dengan gencarnya pemerintah mengembangkan tradisi ini menggunakan
media dengan hal tersebut memang snagat menarik hal tersebut diadakan. Telok
Abang selalu dijaga dan di lestarikan oleh pemerintah dan masyarakat dengan
terciptanya hal tersebut bahwanya semua ini akan berjalan dengan sewajarnya dan
aman terkendala.
7. STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MEMPROMOSIKAN
ACARA TAHUN BARU “ONCE UPON A TIME IN HAWAII” (STUDI EVALUASI) DI HOTEL ASTON
PALEMBANG
Nama
Peniliti : Heri Mardiansyah
Tahun
Skripsi : 2016
Metode
Penelitian : Deskriptif Kualitatif
Hasil
Penilitian : Berdasarkan hasil penelitian ini beberapa hal mengenai evaluasi
strategi Public Relations dalam mempromosikan acara tahun baru “Once Upon A
time in Hawai” di Hotel Aston Palembang sebagai berikut
1.
Strategi yang dilakukan Public Relation Hotel Aston Palembang dalam
mempromosikan acara tahun baru “Once Upon A Time In Hawaii” belum optimal.
Sehingga hasil yang dicapai masih jauh dari target yang diharapkan.
2.
Efektivitas strategi Public Relation Hotel Aston Palembang dalam mempromosikan
acara tahun baru “Once Upon A Time In Hawai” belum menunjukkan hasil yang
maksimal. Hal ini dapat dilihat dari Indikator penjualan tiket yang hanya 65%
dari total 470 tiket yang disediakan.
3.
Efisiensi Strategi Public Relation Hotel Aston Palembang dalam mempromosikan
acara tahun baru juga belum tercapai, karena pada tahun 2015 Hotel Aston
menyelenggarakan acara tahun baru lebih banyak mengeluarkan biaya sebdiri
dibandingkan dengan tahun 2013 dan 2014 yang lebih memaksimalkan sponsor.
8. Komunikasi Efektif Di Balik Layar
(Stusi Kasus Program “Goyang Dangdut” di TVRI Sumatera Selatan)
Nama
Peneliti: M. Anggi Dwijaya
Tahun
Skripsi: 2016
Jenis
Metode Penelitian: Kualitatif Serta Metode Studi Kasus
Hasil
Penelitian: Dari hasil observasi tersebut dapat disimpulkan bahwa, keekfetifan
komunikasi dalam tim di balik layar program “Goyang Dangdut” TVRI Sumatera
Selatan meliputi beberapa ciri komunikassi yang efektif, yaitu 1. Keterbukaan
(Openess), 2. Empati (Empaty), 3. Dukungan (Supportivenes), 4. Rasa Positif
(Positiveness), 5. Kesetaraan (Equality). Berdasarkan poin-poin diatas dapat
terlihat bahwa keefektifan komunikasi dalam tim di balik layar program “Goyang
Dangdut”TVRI Sumatera Selatan yang telah berjalan selama 15 tahun dinilai baik.
9. Proses Produksi Program Musik 15
Onine Sriwijaya TV Dalam Mempromosikan Band Indie Palembang
Nama
Peneliti: Angga Dwi Prabowo
Tahun
Skripsi: 2017
Jenis
Metode Penelitian: Kualitatif Deskriptif
Hasil
Penelitian: Berdasarkan dari hasil pengamatan, dokumentasi dan wawancara oleh
peneliti selama berada di sriwijaya tv mulai dari pra produksi hingga paska
produksi, bahwa peran manager program dan produser program dalam menyutradarai
program dan produser program dalam menyutradarai program 15 online
di tv sriwijaya tv adalah sebagai penghubunga antra tim produksi seperti produser
dengan tim teknik yang bisa disebut crew studio. Disini produser program juga
sebagai pemimpin crew adalah memandu program talkshow 15 online di sriwijaya
tv.
10. Representasi Pergaulan Bebas Dalam
Web Series Little Mom Karya Guntur Soehardjanto
Nama
Peneliti: Anggun Andini Bratama
Tahun
Skripsi: 2022
Jenis
Metode Penelitian: Kualitatif Semiotika
Hasil
Penelitian: Representasi nya bertujuan untuk menunjukan dan menjelaskan
bagaimana representasi dari pergaulan bebas dalam Web Series Little Mom. Web
Series Little Mom ini terdiri dari 13 Episode namun peneliti hanya mengambil 3
episode saja dikarenakan, adegan pergaulan bebas hanya sampai 2 episode saja,
episode 4-13 adalah bagian dari penyelesaian masalah
tersebut. Peneliti mengemukakan pergaulan bebas, pemaknaan pergaulan
bebas yang di paparkan melalui Web Series Little Mom dengan pendekatan
kualitatif dalam menganalisis komunikasi nonverbal adalah sebuah upaya menggali
lebih dalam tentang pemaknaan pesan-pesan pergaulan bebas dalam Web Series
Little Mom antara tokoh Yuda dan Naura.
Dari
10 judul skripsi yang menarik tersebut terdapat salah satu skripsi yang bagus
dalam penulisannya yaitu:
Strategi Komunikasi Dinas Komunikasi dan Informatika
dalam Meningkatkan Citra Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir
Nama
peneliti : Rihayu Ningsih
Tahun
Skripsi : 2022
Metode
Penelitian : Kualitatif dengan teori Fenomenologi
Hasil
penelitian Skripsi : Peneliti Mengharuskan menjalin hubungan yang baik dengan
para media dapat memberikan manfaat bagi pihak dinas komunikasi dan informatika
media massa menjadi salah satu saluran komunikasi publik luas dan meluruskan
jika ada informasi yang kurang baik beredar di masyarakat
Analisis: penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan citra dinas komunikasi dan informasi kepada masyarakat.
Demikianlah Artikel ini saya buat .Semoga Bermanfaat untuk kita semua -)



Komentar
Posting Komentar