10 Skripsi Ilmu Komunikasi Terbaik Yang Ada Di Stisipol Candradimuka

 


Analisis 10 Judul Skripsi Ilmu Komunikasi

Stisipol Candradimuka

 

Hai semuanya balik lagi bersama aku Ahmad Fajri mahasiswa ilmu komunikasi STISIPOL Candradimuka palembang. Di blog kali ini aku akan memperkenalkan ke teman-teman semua mengenai metode penelitian. Disaat kita ingin lulus maka kita ditugaskan untuk membuat penelitian yang bernama skripsi.

Skripsi (serapan dari bahasa Belanda: scriptie) adalah istilah yang digunakan di Indonesia untuk mengilustrasikan suatu karya tulis ilmiah berupa paparan tulisan hasil penelitian sarjana S1 yang membahas suatu permasalahan/fenomena dalam bidang ilmu tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidah yang berlaku.

Skripsi bertujuan agar mahasiswa mampu menyusun dan menulis suatu karya ilmiah, sesuai dengan bidang ilmunya. Mahasiswa yang mampu menulis skripsi dianggap mampu memadukan pengetahuan dan keterampilannya dalam memahami, menganalisis, menggambarkan, dan menjelaskan masalah yang berhubungan dengan bidang keilmuan yang diambilnya. Skripsi merupakan persyaratan untuk mendapatkan status sarjana (S1) di setiap Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Indonesia. Istilah skripsi sebagai tugas akhir sarjana hanya digunakan di Indonesia. Negara lain, seperti Australia menggunakan istilah thesis untuk penyebutan tugas akhir dengan riset untuk jenjang undergraduate (S1), postgraduate (S2), Ph.D. dengan riset (S3) dan disertation untuk tugas riset dengan ukuran yang kecil baik undergraduate (S1) ataupun postgraduate (pascasarjana). Sedangkan di Indonesia skripsi untuk jenjang S1, tesis untuk jenjang S2, dan disertasi untuk jenjang S3.

10     Sripsi Mahasiswa Ilmu Komunikasi dengan beragam macam metode :

 

1.       Pengaruh Komunikasi Antarpribadi atasan terhadap kinerja pegawai pada kantor search and rescue (SAR)

Nama peneliti : Revita Liandini

Tahun Skripsi : 2015

Metode Penelitian : Kuantitatif dengan riset Analisis Isi Kuantitatif

Hasil penelitian Skripsi : Komunikasi Antar Pribadi Atasan yang meliputi Keterbukaan (openness), Perilaku positif (positiviness). Empati (empathy), Perilaku suportif (supportiveness) dan Kesamaan (equality) memiliki hubungan yang erat dan berpengaruh secara bermakna terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Search And Rescue (SAR) Palembang sebesar 0.732. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi Komunikasi Antar Pribadi Atasan, maka Kinerja Pegawai Pada Kantor Search And Rescue (SAR) Palembang akan semakin meningkat.

Analisis: peneliti menganalisis bagaimana pengaruh komunikasi antar pribadi atasan pada kantor SAR. kemudian dari hasil penelitian tersebut disebutkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat besar.

 

 

2.       Strategi Komunikasi Radio play FM dalam mengedukasi pendengar music elektro (Studi kasus Program Spesial Spin N Play)

 

Nama Peneliti : Oka Hardika Lompatan

Tahun Terbit : 2018

Metode Penelitian : Kualitatif Metode Studi Kasus

Hasil Penelitian : Strategi komunikasi yang dilakukan oleh radio play FM dalam mengedukasi pendengar adalah dengan membuat program special spin n play berdasarkan teori AIDDA. fase pertama pada Teori AIDDA adalah membangkitkan perhatian (Attention) pendengar sebagai awal dari suksesnya sebuah komunikasi. Apabila perhatian telah timbul maka dilanjutkan dengan upaya menumbuhkan minat (interest) pendengar. Minat adalah kelanjutan dari perhatian yang merupakan awal dari tumbuhnya hasrat (desire). Hasrat harus dilanjutkan ke tahap keputusan (decision) untuk mengetahui keputusan pendengar apakah akan menyukai musik EDM atau tidak. Fase selanjutnya yaitu kegiatan (Action) yang merupakan tingkatan akhir dalam rangkaian teori AIDDA.

Analisa Pribadi : Peneliti membawa teori AIDDA dalam penelitiannya sehingga memberikan informasi baru terhadap pembaca skripsi tanpa terfokus pada metode studi kasus

 

3.       Digitalisasi dakwah di era New media analisis Deskriptif channel youtube Basalamah

 

Nama peneliti : Sandy Kurniawan

Tahun Skripsi : 2018

Metode Penelitian : Kualitatif dengan metode Etnografi

Hasil penelitian Skripsi : Peneliti menggunakan 5 unsur dakwah menurut Bambang S Maarif yaitu unsur dai, pesan, metode, media dan mad’u. peneliti melakukan pengamatan baik secara visual maupun lisan terhadar objek yang diteliti dan menemukan bahwa dari semua objek yang Ustadz Khalid Basalamah Zeed Basalamah menyampaikan semua dakwahnya dengan penuh semangat dilihat dari gaya bicara serta intonasinya dalam berbicara serta gerak tubuh yang mendukung perkataannya. Ustadz Khalid Basalamah menyampaikan ceramah dalam posisi duduk di semua objek yang diteliti sehingga penilaian bisa disampaikan dengan hanya melihat ucapan dan gerak tubuh bagian atasnya saja. Ini menandakan beliau memberi ilmu dengan penuh kasih serta dengan tegas menjawab pertanyaan dengan ilmu yang dia miliki.

Analisis: penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana digitalisasi dakwah di era new media dengan objek penelitian yaitu channel YouTube Basalamah. Ustadz Khalid Basalamah adalah salah satu Ustaz yang sering kita lihat dakwahnya di YouTube. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ustadz Khalid Basalamah menyampaikan semua dakwahnya dengan penuh semangat dan gaya bicara yang mendukung.

 

 

 

4.       Strategi Komunikasi Dinas Komunikasi dan Informatika dalam Meningkatkan Citra Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir

 

Nama peneliti : Rihayu Ningsih

Tahun Skripsi : 2022

Metode Penelitian : Kualitatif dengan teori Fenomenologi

Hasil penelitian Skripsi : Peneliti Mengharuskan menjalin hubungan yang baik dengan para media dapat memberikan manfaat bagi pihak dinas komunikasi dan informatika media massa menjadi salah satu saluran komunikasi publik luas dan meluruskan jika ada informasi yang kurang baik beredar di masyarakat

Analisis: penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan citra dinas komunikasi dan informasi kepada masyarakat.

 

5.       Sikap Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi STISIPOL Candradimuka Palembang Dalam Penggunaan Media Sosial Facebook

Nama Peneliti: Muhammad Oktarizah

Tahun Skripsi: 2015

Jenis Metode Penelitian: Kuantitatif

 Hasil Penelitian: Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan teknik analisa product moment diketahui bahwa korelasi yang terjadi antara sikap dan dampak positif mahasiswa jurusan ilmu komunikasi STISIPOL Candradimuka Palembang dalam penggunaan media social facebook, maka semakin tinggi pemahaman Undang-Undang Informasi dan transaksi elektronik pengaturan penggunaan facebook berada pada hubungan yang cukup berarti. Ini mengartikan baha tingkat korelasi yang terjadi antara variable terikat terdapat hubungan yang cukup berarti.

 

6.       Analisis Semiotika Telok Abang Dalam Tradisi HUT RI Untuk Melestarikan Budaya Lokal Di Kota Palembang

Nama Peneliti: Bimbo

Tahun Skripsi: 2020

Jenis Metode Penelitian: Deskriptif Kualitatif Semiotika

 Hasil Penlitian: Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan dengan bahwa Telok Abang merupakan salsah satu tradisi kemeriahan HUT RI yang ada di Indonesia, dengan gencarnya pemerintah mengembangkan tradisi ini menggunakan media dengan hal tersebut memang snagat menarik hal tersebut diadakan. Telok Abang selalu dijaga dan di lestarikan oleh pemerintah dan masyarakat dengan terciptanya hal tersebut bahwanya semua ini akan berjalan dengan sewajarnya dan aman terkendala.

 

7.       STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MEMPROMOSIKAN ACARA TAHUN BARU “ONCE UPON A TIME IN HAWAII” (STUDI EVALUASI) DI HOTEL ASTON PALEMBANG

Nama Peniliti : Heri Mardiansyah

Tahun Skripsi : 2016

Metode Penelitian : Deskriptif Kualitatif

 Hasil Penilitian : Berdasarkan hasil penelitian ini beberapa hal mengenai evaluasi strategi Public Relations dalam mempromosikan acara tahun baru “Once Upon A time in Hawai” di Hotel Aston Palembang sebagai berikut

1. Strategi yang dilakukan Public Relation Hotel Aston Palembang dalam mempromosikan acara tahun baru “Once Upon A Time In Hawaii” belum optimal. Sehingga hasil yang dicapai masih jauh dari target yang diharapkan.

2. Efektivitas strategi Public Relation Hotel Aston Palembang dalam mempromosikan acara tahun baru “Once Upon A Time In Hawai” belum menunjukkan hasil yang maksimal. Hal ini dapat dilihat dari Indikator penjualan tiket yang hanya 65% dari total 470 tiket yang disediakan.

3. Efisiensi Strategi Public Relation Hotel Aston Palembang dalam mempromosikan acara tahun baru juga belum tercapai, karena pada tahun 2015 Hotel Aston menyelenggarakan acara tahun baru lebih banyak mengeluarkan biaya sebdiri dibandingkan dengan tahun 2013 dan 2014 yang lebih memaksimalkan sponsor.

 

8.       Komunikasi Efektif Di Balik Layar (Stusi Kasus Program “Goyang Dangdut” di TVRI Sumatera Selatan)

Nama Peneliti: M. Anggi Dwijaya

Tahun Skripsi: 2016

Jenis Metode Penelitian: Kualitatif Serta Metode Studi Kasus

 Hasil Penelitian: Dari hasil observasi tersebut dapat disimpulkan bahwa, keekfetifan komunikasi dalam tim di balik layar program “Goyang Dangdut” TVRI Sumatera Selatan meliputi beberapa ciri komunikassi yang efektif, yaitu 1. Keterbukaan (Openess), 2. Empati (Empaty), 3. Dukungan (Supportivenes), 4. Rasa Positif (Positiveness), 5. Kesetaraan (Equality). Berdasarkan poin-poin diatas dapat terlihat bahwa keefektifan komunikasi dalam tim di balik layar program “Goyang Dangdut”TVRI Sumatera Selatan yang telah berjalan selama 15 tahun dinilai baik.

 

9.       Proses Produksi Program Musik 15 Onine Sriwijaya TV Dalam Mempromosikan Band Indie Palembang

Nama Peneliti: Angga Dwi Prabowo

Tahun Skripsi: 2017

Jenis Metode Penelitian: Kualitatif Deskriptif

 Hasil Penelitian: Berdasarkan dari hasil pengamatan, dokumentasi dan wawancara oleh peneliti selama berada di sriwijaya tv mulai dari pra produksi hingga paska produksi, bahwa peran manager program dan produser program dalam menyutradarai program dan produser program dalam menyutradarai  program 15 online di tv sriwijaya tv adalah sebagai penghubunga antra tim produksi seperti produser dengan tim teknik yang bisa disebut crew studio. Disini produser program juga sebagai pemimpin crew adalah memandu program talkshow 15 online di sriwijaya tv.

 

10.   Representasi Pergaulan Bebas Dalam Web Series Little Mom Karya Guntur Soehardjanto

Nama Peneliti: Anggun Andini Bratama

Tahun Skripsi: 2022

Jenis Metode Penelitian: Kualitatif Semiotika 

Hasil Penelitian: Representasi nya bertujuan untuk menunjukan dan menjelaskan bagaimana representasi dari pergaulan bebas dalam Web Series Little Mom. Web Series Little Mom ini terdiri dari 13 Episode namun peneliti hanya mengambil 3 episode saja dikarenakan, adegan pergaulan bebas hanya sampai 2 episode saja, episode 4-13 adalah bagian dari penyelesaian masalah tersebut.  Peneliti mengemukakan pergaulan bebas, pemaknaan pergaulan bebas yang di paparkan melalui Web Series Little Mom dengan pendekatan kualitatif dalam menganalisis komunikasi nonverbal adalah sebuah upaya menggali lebih dalam tentang pemaknaan pesan-pesan pergaulan bebas dalam Web Series Little Mom antara tokoh Yuda dan Naura.

 

Dari 10 judul skripsi yang menarik tersebut terdapat salah satu skripsi yang bagus dalam penulisannya yaitu:

Strategi Komunikasi Dinas Komunikasi dan Informatika dalam Meningkatkan Citra Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir

 

Nama peneliti : Rihayu Ningsih

Tahun Skripsi : 2022

Metode Penelitian : Kualitatif dengan teori Fenomenologi

Hasil penelitian Skripsi : Peneliti Mengharuskan menjalin hubungan yang baik dengan para media dapat memberikan manfaat bagi pihak dinas komunikasi dan informatika media massa menjadi salah satu saluran komunikasi publik luas dan meluruskan jika ada informasi yang kurang baik beredar di masyarakat

Analisis: penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan citra dinas komunikasi dan informasi kepada masyarakat.


Demikianlah Artikel ini saya buat .Semoga Bermanfaat untuk kita semua -)


 


Komentar

Postingan Populer